cover
Contact Name
Asep Sahrudin
Contact Email
ase_sakhru@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmendidik@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. pandeglang,
Banten
INDONESIA
MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 24431435     EISSN : 25284290     DOI : -
Core Subject : Education,
MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran (MENDIDIK) is managed by the Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Mathla'ul Anwar Banten. The aim of MENDIDIK is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies and new technologies in education and learning. MENDIDIK was published regularly twice a year, in April and October.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2016)" : 10 Documents clear
Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) Menggunakan Praktikum Aplikatif Berbasis Life Skill Tisna Suryana
MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2016)
Publisher : Universitas Mathla'ul Anwar Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (828.415 KB) | DOI: 10.30653/003.201621.26

Abstract

Mutu pendidikan dapat ditingkatkan melalui salah satu alternatif pemanfaatan model pembelajaran dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia pokok bahasan reaksi redoks dan elektrokimia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) menggunakan praktikum aplikatif berbasis kecakapan hidup. Hasil analisis data yang diperoleh setelah dilakukan tindakan pada kelas XII IPA 1 SMA Negeri 11 Pandeglang adalah sebagai berikut; rata-rata hasil belajar siklus I adalah 56,00 pada siklus II 67,74 dan siklus III adalah 77,66 dengan prosentase ketuntasan pada siklus I yaitu 8,57% (3 dari 35 siswa) telah tuntas, siklus II yaitu 57,14% (20 dari 35 siswa) telah tuntas dan siklus III yaitu 91,14% (32 dari 35 siswa telah tuntas). Tingkat keaktifan siswa dalam kegiatan praktikum siklus I sebesar 43,45% , pada siklus II sebesar 66,67% sedangkan pada siklus III sebesar 83,33%. Hal ini dapat diartikan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD yang berorientasi CEP menggunakan praktikum aplikatif berbasis life skill pada pelajaran kimia materi reaksi redoks dan elektrokimia dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar kimia, dimana siswa memiliki life skill sebagai modal dasar untuk berwirausaha dalam bidang kimia (Chemoentrepreneurship), suatu upaya antisipasi jika siswa tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Penerapan Model Pembelajaran Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMP Marjuki Marjuki
MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2016)
Publisher : Universitas Mathla'ul Anwar Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (874.458 KB) | DOI: 10.30653/003.201621.27

Abstract

Mutu dan kualitas pembelajaran di kelas dapat ditingkatkan melalui salah satu alternatif pemanfaatan model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis cerpen siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping). Hasil analisis data yang diperoleh setelah dilakukan tindakan melalui penerapan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping). Terdapat peningkatan keaktifan siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Sumur dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Hal ini dilihat dari keaktifan siswa dari siklus I ke siklus dua mengalami peningkatan kategori. Pada siklus II, dua aspek kualifikasi tinggi dan enam aspek kualifikasi sangat tinggi. Penerapan model pemetaan pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Sumur dengan kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yakni nilai rata-rata 57,5. Kemampuan itu meningkat secara bertahap dari rata-rata 66,3 di siklus I ke rata-rata 77,2 pada siklus II.
Deskripsi Peristiwa Faktual dan Fiksional serta Keberterimaan Masyarakat Sekitar Terhadap Folklor Mbah Sodong di Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur Henri Henriyan Al Gadri
MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2016)
Publisher : Universitas Mathla'ul Anwar Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.393 KB) | DOI: 10.30653/003.201621.28

Abstract

This research is motivated by the desire to document and introduce folklore Mbah Sodong to the public. Besides, factual and fictional events of folklore Mbah Sodong have to be known because the character of folklore which is spread by word of mouth can result different stories or events in the folklore. Folklore Mbah Sodong has values of character education which benefit for people and education. From charcter education which is in folklore, it can be developed attitude, knowledge, and skill aspects. Moreover, causing human person wise and virtuous. Therefore, folklore Mbah Sodong is able to be a lesson at school in supporting nation character education to reach a goal of national education generally.
Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Miftahul Jannah; Ade Susanti; Benni Benni
MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2016)
Publisher : Universitas Mathla'ul Anwar Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.91 KB) | DOI: 10.30653/003.201621.29

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ketidak jelasan hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar yang didapatkan siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa sehingga dapat memberikan informasi faktual tentang bagaimana sebenarnya hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Tanah Sepenggal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Muaro Bungo yang berjumlah 126 orang dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 orang. Dalam pengumpulan data digunakan angket model Skala Likert untuk variabel kecerdasan emosional dan dokumentasi untuk variabel prestasi belajar matematika siswa. Setelah angket penelitian siap, angket tersebut kemudian diberikan kepada siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian dengan korelasi Kendall Tau menunjukkan nilai koefisien korelasi variabel X terhadap Y sebesar 0,54. Dengan tingkat signifikansi menggunakan uji Z, diketahui Zhitung = 4,77 dan Z tabel sebesar = 1,960 atau 4,77 > 1,960. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanah Sepenggal.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs Susti Rahmah Yulita
MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2016)
Publisher : Universitas Mathla'ul Anwar Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (827.775 KB) | DOI: 10.30653/003.201621.30

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran pair check terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs. Mathla’ul Anwar Turus-Patia tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode eksperimen dengan cara membandingkan hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Eksperimen ini didesain menggunakan model Posttest-only control design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A 34 orang dan VIII B sebanyak 33 orang. Jumlah keseluruhan siswa kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Turus-Patia sebanyak 67 orang. Berdasarkan hasil perhitungan data diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 38,3 dan kelas kontrol 32,7 sehingga diperoleh thitung = 1,81 dengan taraf signifikan = 0.05 diperoleh nilai ttabel= 1,67 maka diperoleh thitung˃ ttabel. Dengan demikian hipotesis penelitian yang penulis rumuskan dapat diterima artinya “terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Pair Check terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di MTs. Mathla’ul Anwar Turus-Patia Tahun Pelajaran 2015/2016.”
Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Berbicara Bahasa Inggris Siswa Smp Pada Pokok Bahasan Offering And Asking For Something Melalui Model Bermain Peran Dudung Mulyadi
MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2016)
Publisher : Universitas Mathla'ul Anwar Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (872.969 KB) | DOI: 10.30653/003.201621.31

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil dan aktifitas belajar berbicara bahasa inggris pada pokok bahasan offering and asking for something melalui model bermain peran. Hasil analisis data yang diperoleh setelah dilakukan tindakan melalui penerapan model bermain peran di kelas IX F SMP Negeri 2 labuan hasil belajar bahasa Inggris siswa menunjukn peningkatan sebesar 20% dari pra siklus ke siklus I dan 17,5% dari siklus I ke siklus II. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 20% dari prasiklus ke siklus I dan 10% dari siklus I ke siklus II setelah diberikan model pembelajaran bermain peran.
Pengaruh Penggunaan Buku Paket Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Abay Rostika
MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2016)
Publisher : Universitas Mathla'ul Anwar Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.41 KB) | DOI: 10.30653/003.201621.32

Abstract

This study aims to determine the effect of handbook towards students’ result. A method of data collection is done through pre-test and post-test using a quantitative approach. This study used an experimental design. The data analysis technique used is quantitative descriptive. Results of the data analysis showed that the price of the tcount of 2,826 and 2,000 ttable with significance α=0.05 and df 58. Then to test the hypothesis, H0 refused and H1 accepted. This shows that the use of hand book has an enormous influence on students’ result.
Slang Language Used By Sissy Community Heva Rostiana
MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2016)
Publisher : Universitas Mathla'ul Anwar Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.459 KB) | DOI: 10.30653/003.201621.33

Abstract

The objectives of this research are to find out kinds of slang language used by sissy. In this research, the researcher used a descriptive method. By using this method, the researcher aimed to describe slang language used by sissy. The populations are seven sissies in seven events and the samples are entire populations. Some of the researches findings are the words “Akikah, Eke, and Yey” occur most and contrary the other words occur least. They use slang language only in their community; on contrary they seldom use their language with their general society.
Penerapan Model Konsiderasi dan Pembentukan Rasional dalam Pembelajaran Veny Agustini Prianggita
MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2016)
Publisher : Universitas Mathla'ul Anwar Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.285 KB) | DOI: 10.30653/003.201621.34

Abstract

Pembelajaran afektif berbeda dengan pembelajaran kognitif dan psikomotor, karena pembelajaran afektif bersifat subjektif, mudah berubah dan tidak memiliki materi khusus. Secara konseptual maupun empirik diyakini aspek afektif memegang peranan yang sangat penting terhadap tingkat kesuksesan seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai Model Pembelajaran Konsiderasi dan Model Pembelajaran Pembentukan Rasional dalam proses pembelajaran, untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada penerapan Model Pembelajaran Konsiderasi dan Pembentukan Rasional dalam proses pembelajaran, Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan Model Lewin yang ditafsirkan oleh Kemmis. Hasil penelitian yaitu setiap mahasiswa memiliki jawaban dan kesan tersendiri terhadap Model Pembelajaran Konsiderasi dan Pembentukan Rasional, sehingga diharapkan mahasiswa dapat menganalisis dari berbagai sudut pandang dan memiliki kematangan berpikir apabila menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan mengambil keputusan sesuai dengan norma legal yang ada di masyarakat.
The Effects of Reading Habit and Vocabulary Mastery toward Student’s Reading Comprehension in Serang City Riandi Riandi
MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2016)
Publisher : Universitas Mathla'ul Anwar Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.842 KB) | DOI: 10.30653/003.201621.35

Abstract

This study aims to determine the effects of reading habit and vocabulary mastery toward student’s reading comprehension at Private Islamic Junior High Schools in Serang City –Banten. Research hypothesis included: 1) There are significant effects of reading habit and vocabulary mastery towards students’ reading comprehension, 2) There is a significant effect of reading habit towards students’ reading comprehension, 3) There is a significant effect of vocabulary mastery towards students’ reading comprehension.The method used in this research is a survey method. Sample was taken as many as 50 students with sample random technique. Data collected by test to the sample. Data analysis using descriptive statistics such as finding the mean, median, mode, standard deviation, and inferential statistics is to look for multiple regression by using ANOVA and coefficient table. This research was conducted from November until December 2014.The result of the research concluded:1) there are significant effects of reading habit and vocabulary mastery collaboratively towards students’ reading comprehension. It can be proved by F test = 4,255.and sig=0.004 <0.05, 2)there is a significant effect of the reading habit towards students’ reading comprehension. It can be proved by t test = 3,393, and sig=0.026<0.05, 3) there is a significant effect of the vocabulary mastery towards students’ reading comprehension. It can be proved by t test = 3,556 and sig=0.021<0.05.

Page 1 of 1 | Total Record : 10